Rabu, 09 Februari 2011

Cross†Channel


Awalnya saya tidak begitu melirik judul visual novel ini, lalu seorang teman menyarankan untuk memainkan judul ini karena Kinoko Nasu (author dari type-moon) memuji visual novel tersebut. Dari situ, rasa penasaran muncul, dan saya akhirnya memainkan visual novel tersebut. Setelah memainkannya, saya TIDAK PEDULI lagi apakah benar Kinoko Nasu memuji visual novel ini atau tidak. Bagi saya visual novel ini LAYAK untuk dimainkan. Lalu apa yang menarik dari judul yang satu ini?

Cross†Channel adalah visual novel yang ditulis oleh Tanaka Romeo dan dikembangkan oleh FlyingShine. Di sini kamu akan berperan sebagai Kurosu Taichi, anggota klub broadcasting dari sekolah Gunjou, sekolah untuk anak-anak yang tidak bisa atau sulit bersosialisasi dengan masyarakat. Sayang sekali saya tidak akan mengulas cerita lebih dari ini, karena takut akan merusak kenikmatan cerita. Cross†Channel merupakan sebuah game yang sulit sekali untuk direview, saya tidak dapat banyak berbicara tanpa merusak kenikmatan cerita.

Setiap elemen dari game ini adalah SPOILER. Awal bermain mungkin anda akan seperti saya yang kesulitan mencari apa yang menarik dari visual novel ini, belum lagi penyampaian bahasa yang sangat-sangat sulit sehingga anda mungkin terlelap sebelum menyelesaikan satu ending. Akan tetapi setelah saya menyelesaikan ending pertama, muncul rasa penasaran yang cukup besar yang cukup membuat saya kegandrungan dengan visual novel ini. Mengapa demikian? Dari peristiwa pada ending pertama anda akan mendapati kenyataan yang sangat mengejutkan dan mengundang banyak pertanyaan. Sayang saya tidak dapat berkata lebih lanjut mengenai kenyataan tersebut karena lagi-lagi dapat merusak cerita.

Cross†Channel merupakan judul yang wajib anda coba apalagi jika anda suka cerita yang cukup rumit, akan tetapi juga merupakan sebuah judul yang tidak saya rekomendasikan untuk pemula. Ketidakwajaran cerita ataupun tokoh kadang sulit untuk diikuti, dan seperti yang sudah katakan sebelumnya bahwa bahasa penyampaiannya juga sulit, banyak istilah-istilah yang anda mungkin tidak tahu. Setiap motif karakter biasanya jelas pada akhir cerita, dan itu adalah aspek yang cukup penting dari permainan. Mencari tahu masa lalu tiap karakter dan alasan mengapa mereka berperilaku seperti itu merupakan keasyikan tersendiri memainkan game ini.

Visual novel ini cukup berat, dan saya rekomendasikan ini untuk orang yang mencari game psikologis. Jika Anda mencari game yang pure love, this is not the one.

Hal yang perlu diperhatikan agar anda dapat menikmati visual novel ini dengan maksimal adalah semakin sedikit anda tahu isi cerita semakin anda dapat menikmati visual novel ini (percayalah anda untuk tidak membuka Wikipedia apapun karena dapat berpengaruh merusak kenikmatan anda memainkan visual novel ini). Just like I said before, “every element in this game is spoiler”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No spam ok?!